Wednesday, May 1, 2013

Rental atau Penyewaan Printer

Ide Bisnis, Peluang Usaha Rental atau  Penyewaan Printer
Ide bisnis rental printer terinspirasi dari bisnis rental / penyewaan playstation (PS). PS merupakan permainan yang tidak ada matinya dan belum tergantikan oleh banyaknya game  komputer. Lalu bagaimana dengan peluang usaha rental printer? kita harus mempelajari pasar apalagi harga printer saat ini yang semakin murah. Ada beberapa alasan mengapa orang lebih memilih menyewa printer daripada membeli printer baru. Berikut alasan-alasan tersebut dijelaskan satu persatu.

1. Memerlukan printer dalam jangka waktu yang pendek. 
Penggunaan printer dalam jangka waktu yang pendek misalanya hanya beberpa hari, beberapa minggu, atau hanya sebulan. Jika diperhitungkan penggunaan printer dalam jangka pendek akan lebih ekonomis dengan menyewa printer. Sebagai ilustrasi untuk membeli printer baru yang standar saja (canon IP2770 atau Hp Deskjet 2500) kita harus mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 450.000, belum lagi biaya tinta yang harus dikeluarkan serta biaya perbaikan jika ternyata printer tersebut rusak karean pemakaian yang extreme.

2. Meminimalkan resiko
Alasan lain mengapa orang lebih memilih menyewa printer daripada membeli baru yaitu mengurangi resiko kerusakan dan kerugian yang lebih besar jika terjadi kerusakan. Misalnya sesorang menyewa printer dengan harga Rp 100.000 untuk digunakan dalam waktu satu minggu, dari waktu sewanya yang pendek bisa ditebak bukan jika penggunaannya tentu untuk penggunaan secara ekstrim yaitu untung mencetak ribuan lembar. Jika diperhitungkan tentu lebih hemat jika menyewa printer saja.

3. Praktis
alasan selanjutnya yaitu tentang kepraktisan, sesorang yang menyewa printer akan mempertimbangkan nilai kepraktisan. Yaitu orang tersebut hanya mengeluarkan sejumlah uang yang tentunya tidak melebihi harga printer namun sudah dapat menggunkan printer tanpa harus menanggung biaya perbaikan maupun biaya tinta.

Merujuk dari beberapa alasan yabg diungkapkan diatas maka peluang usaha penyewaan printer memiliki peminatnya sendiri. Jika masih bertanya siapa peminatnya? jawabannya adalah sebagai berikut:
1. Mahasiwa yang sedang menyusun skripsi, jika jatuh tempo mengumpul skripsi maka mereka akan memprint skripsinya lebih dari dua rangkap. bagi mereka yang tidak memiliki printer tentu akan lebih menguntungkan jika menyewa printer.

2. Kegiatan atau even yang mengharuskan cetak dokumen seperti proposal dan sertefikat. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan seminar atau kegitan lain yang biasa dilakukan oleh ormas atau organisasi dalam kampus/luar kampus.

3. Perkantoran yang memmemiliki intensitas cetak dokumen sangat tinggi pada waktu-waktu tertentu.

Sudah jela sekarang sepetinya halnya rental PS, usaha rental  printer juga memiliki pemintanya sendiri. Sekarng kita akan bahas permodalannya:
1. Printer
Printer merupakan hal yang mutlak dimiliki karena kita akan menyewakan printer.Harga printer canon yang tidak dapat digunkan untuk scan sekitar Rp 500.000 ditambah dengan pemsangan sistem infus sebesar Rp 150.000. Jadi untuk menyediakan 5 buah printer pada tahap awal dibutuhkan biaya sebesar Rp 3.250.000.
Untuk printer yang bisa digunakan untuk scan harga barunya sekitar 750 ribuan ditambah pemasangan infus maka biaya yang dibutuhkan untuk menyediakan 5 buah printer sebesar Rp 4.500.000,-
2. Stok tinta
Karean pelanggan tidak dikenakan biaya tinta (unlimited tinta) maka kita harus menyediakan stok tinta yang dibeli dari dealer yang ada dikota tempat kita tinggal untuk mendapat harga yang murah. Harga satu kilogram tinta  sebesar Rp 150.000, paling tidak kiti memiliki stok empat jenis warna (hitam, merah, kuning, biru). Jadi kita biaya tinta untuk dua bulan(5 buah printer) sebesar Rp 600.000 sehingga biaya untuk tinta perbulan sebsar Rp 300.000.
3. Perawatan
Dalam satu tahun pertama kita patok biaya perawatan sebesar Rp 50.000/buah printer. jadi biaya untuk 5 buah printer sebesar Rp 250.000.

Dari 1 s.d 3 maka total modal dibulan pertma sebesar  Rp 4.100.000 untuk printer biasa dan Rp 5.350.000,-. Untuk bulan berikutnya kita mengeluarkan biaya sebesar Rp 550.000,-. Beruntung jika anda adalah seorang teknisi printer jadi biaya perawatan dapat dihilangkan sehingga anda hanya memerlukan biaya tinta saja.

Sekarang saatnya kita bahas pemasukan. kita tentunya harus mensiasati agar usaha rental printer kita dapat menjangkau semua kalangan, mulai pelajar sampai perkantoran. Untuk itu kita perlu menyediakan paket-paket harga tertentu, berikut ini rancangan yang saya buat sendiri yang dibandingkan denga rental PS.
1. 50.000 per tiga hari
2. 100.000 perminggu
3. 200.000 perbulan
Jika kita dapat melayani 20 orang pelanggan/bulan yang menyewa per tiga hari maka pemasukan kita sebesar 50.000 x 20 = 1.000.0000 . Sudah menguntungkan bukan? Modal kita akan kembalo dalam satu tahun. Sedangkan untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak lagi pasarkan juga paket harga nomer 2 dan 3.

Bisnis ini kan lebih menguntungkan jika dikombinasikan dengan usah serupa. Usaha yang dapat dijalankan bersama dengan bisnis rental printer yaitu:
  • Usaha perbaikan printer yang meliputi modifikasi maupun penggantian hardware
  • Usaha jual beli printer baru maupu bekas. usaha ini untuk mengupdate printer lama yang disewakan dengan printer yang lebih baru.
  • Usaha perbaikan komputer dan laptop, Penggunaan printer tentu tidak pernah lepas dari penggunaan komputer dan laptop. Oleh karean itu bisnis ini juga masih menguntungkan.
Sekian dulu tulisan saya mengenai Ide bisnis rental printer inkjet. Semoga tulisan saya kali ini dapat menjadi inspirasi pembaca sekalian. Bagi anda yang bermaksud menyebarluaskan artikel peluang usaha rental printer, saya mohon dengan sangat untuk menyertakan tautan menuju artikel ini yaitu: 


2 comments :

  1. Newton Office Print Solution, provider solusi cetak kantor yang telah berpengalaman selama hampir 15 tahun, membuka peluang kemitraan untuk menghadirkan solusi cetak kantor dan sewa printer di kota Anda. Cek solusi dan program mitra kami di www.newton.co.id/kemitraan.

    ReplyDelete
  2. Newton Office Print Solution, provider solusi cetak kantor yang telah berpengalaman selama hampir 15 tahun, membuka peluang kemitraan untuk menghadirkan solusi cetak kantor dan sewa printer di kota Anda. Cek solusi dan program mitra kami di www.newton.co.id/kemitraan.

    ReplyDelete