Wednesday, May 1, 2013

Perbedaan Glossy dan Doff

Post kali ini saya akan membagi sedikit pengetahuan tentang perbedaan kertas laminasi stiker glossy dan kertas laminasi stiker doff. Pembahasan kali ini dimotivasi oleh kasus hasil cetakan printer inkjet yang saya gunakan tinta  printer menjadi  luntur jika terkena air. Oleh karena itu saya mencoba mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk mengatasi tinta printer yang luntur tersebut. Pada penggunaannya, laminasi glossy dan laminasi doff sering digunakan untuk melindungi hasil cetakan printer inkjet agar tidak pudar atau luntur karena dimakan usia maupun karean tersiram air. 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang glossy dan doff,  mungkin sebagian dari anda masih bertanya-tanya mengapa hasil cetakan printer inkjet luntur jika terkena air atau embun? sepengetahuan saya tinta yang digunakan berbahan dasar air sehingga mudah larut kembali dalam air. Jika tinta yang digunakan berbahan dasar pigment maka hasil printingnya akan lebih tahan terhadap guyuran air. (Mohon koreksi jika salah)

Kembali pada pembahasan mengenai sticker laminasi glossy dan sticker laminasi doff. Uraiannya dijelaskan secara singkat sebagai berikut. 

Stiker laminasi glossy

Perbedaan Glossy dan DoffSesuai namanya yaitu "glossy" stiker laminasi jenis ini memberi kesan berkilau terhadap hasil cetakan printer inkjet yang dilapisinya. Stiker laminasi glossy mampu memberikan kesan berkilau karena memantulkan banyak cahaya. Penggunaan stiker glossy sering dijumpai pada hasil print foto printer inkjet yang ditujukan untuk melindungi agar tahan lama juga untuk memberi kesan wow. hasil print printer inkjet yang dilaminasi dengan sticker glossy tidak dianjurkan untuk sering dipegang atau disentuh, hal ini dikarenakan laminasi stiker glossy rentan terhadap jejak sidik jari.   Foto yang dilapisi stiker glossy biasanya agak lengket ketika di pegang, dan jika dipegang terlalu sering akan menjadi kusam.

Stiker Laminasi Doff

Perbedaan Glossy dan DoffTujuan utama penggunaan stiker laminasi doff yaitu untuk melindungi hasil printing printer inkjet agar lebih tahan lama. Objek yang dilaminasi dengan stiker laminasi doff lebih awet walaupun sering dipegang dan tidak meninggalkan jejak sidik jari. 

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut hendaknya kita memilih jenis laminasi glossy atau laminasi doff sesuai dengan  kebutuhan masing-masing. Jika kita ingin memperoleh hasil yang berkilau dan bertujuan untuk jarang dipegan-pegang maka kita menggunkan laminasi glossy. Namun jika objek yang laminasi nantinya kan bersentuhan dengan tangan-tangan manusia maka alangkah baiknya jika kita menggunkan laminasi doff.

(Tolong dikoreksi jika ada yang salah, saya hanya mencoba menjelaskan sesuai kemampuan saya. Saya juga masih belajar tentang dunia digital printing)

7 comments :